Urashimataro – Sebuah Dongeng dari Jepang

Tadi siang gue masuk mata kuliah Pengantar Prosa Jepang. Sebelumnya kita dikasih tugas baca bahan kuliahnya dulu, bahan yang harus difotokopi dulu sebelum kita membacanya. Bahan yang berupa kumpulan beberapa kisah dongeng di negeri Jepang. Bahan yang wajib kita baca berjudul : Urashimataro.

Urashimataro adalah nama seorang pemuda yang bekerja sebagai nelayan. Suatu hari di pantai, dia mendapati beberapa anak kecil yang sedang menganiaya kura-kura. Dia merasa kasihan dan akhirnya membeli kura-kura itu dari anak-anak itu kemudian melepasnya kembali ke laut.
Suatu ketika, dia sedang memancing, kura-kura itu datang kembali, bentuknya sangat besar. Sang kura-kura ingin membalas budi baik Urashimataro dan mengajaknya pergi ke istana naga di dasar laut. Di sana, Urashimataro bersenang-senang hingga akhirnya Urashimataro teringat rumah dan ayah-ibunya.
Sebelum pulang, dia diberi kotak oleh sang ratu, yang tidak boleh dibuka tutupnya apapun yang terjadi.
Setelah tiba di daratan, diantar kembali dengan kura-kura yang pernah diselamatkannya itu, Urashimataro terkaget-kaget melihat semuanya telah berubah. Tidak ada satupun orang yang dikenalnya, rumahnya pun tidak ada. Ayah dan ibunya sudah meninggal. Lalu, karena dia lupa, dia membuka kotak yang diberikan oleh sang ratu. Tiba-tiba keluarlah asap putih yang membuat rambut Urashimataro memutih dan tampangnya terlihat sangat tua. Rupanya Urashimataro telah pergi selama ratusan tahun, padahal ketika di istana naga, dia hanya merasa beberapa hari tinggal disana.

Ada beberapa hal yang menurut gue bisa dipetik hikmah dan pun ada satu pertanyaan yang mengganggu.
Hikmahnya, adalah waktu berlangsung cepat ketika kita bersenang-senang, sedangkan akan terasa lambat ketika kita berhadapan dengan keadaan yang tidak kita suka.
Pertanyaan yang mengganjal di benak gue adalah, Urashimataro kelupaan telah membuka tutup kotak itu. Sedangkan ratu istana pun tidak memberitahukan apa yang akan terjadi seandainya tutup kotak dibuka. Siapa yang salah ? Lalu, apakah kelupaan dan rasa ingin tahu merupakan kesalahan Urashimataro sebagai manusia ? Padahal kelupaan dan rasa ingin tahu adalah fitrah manusia, bukan ? Lagipula, untuk apa ratu memberi kotak yang justru mendatangkan keburukan bagi Urashimataro ? Kalau ratu mewanti-wanti Urashimataro, tentunya dia tidak mau Urashimataro membuka tutup kotak dan akhirnya menjadi tua seperti kakek-kakek, bukan ? Pastinya itu menjadi suatu keburukan..

Sekian dulu analisis gak penting dari gue. Mungkin gue lanjutin lagi di lain cerita. Mungkiiin…

19 status facebook gak penting yang dikomen sama orang

Sampai saat ini, tanggal 11 Februari 2010, gue udah mengupdate status facebook sebanyak 19 status. Iya deeh, gue boong, lebih dari 19 siih.. Tapi biasa deh, gue kan ngapusin status yang gak dikomenin temen-temen. Hahahaha…. *curang mode ON…

Nih silakan diliat, jangan diintip yaaa…..

1. hahaha… Nikko Haendratnio, kok aku masih penasaran ama Pak Sobari itu yah ?? Emang dia siapa sih ??? hahahaha… 😀

2. kampus sastra di malam hari.. jadi pengen bermalam di sekre.. :p

3. rapat lagi di BPM SASTRA.. aku kangeeeeennnn !!! ><

4. kenapa Bubur Kacang Ijo disingkat jadi BurJo ?? kenapa gak disingkat jadi BurKaJo aja, atau BuCangJo, supaya kacangnya masuk ke singkatan juga gitu.. BurJo mah Bubur Ijo dooonk !?

5. belajar linguistik RASA Teknik.. ckckck.. Teknik Sastra !! 😀

6. pengen belii ROK aaah !! lalalala.. :9

7. memang usia kita muda, namun cinta soal hati.. -iwanfals-

8. “seharusnya kalau kamu punya perasaan sama seseorang, kamu harus ungkapin secepatnya..” – mau perasaan suka, gak suka, cinta, benci, pengen jitak, pengen minta duit, pengen pukul.. yah ungkapin ajah.. :p

9. bermalam minggu di Dago.. wah, kapan-kapan ajak anak kelas rame-rame ah kesini.. *mikirnya seneng-seneng melulu nih.. :p tapi gak usah kemana-mana lagi yah, kita duduk-duduk aja liat orang lewat.. gue sih gitu aja udah seneng. hihi..

10.  waaww.. I prefer “kloset jongkok” to “kloset duduk”.. Lebih muantabb.. :p

11. jadi pengen bikin cerita indie.. :p bosen sama cerita picisan.. tapi contoh cerita indie tuh yang kaya gimana yah ??

12.  always love SpongeBob SquarePants and would never ever betray him… :))

13.  wah pada solat Jumat.. nitip absen donk…

14. nge-mie malem-malem.. kenyang deh.. 😀

15. “Love can make the sun comes in the middle of night”, -HP-

16. nanya ke temen : “A, mic yang buat karokean bisa dicolokin ke komputer ga?”/temen gue : “bisa aja sih”/gue : “colokin kemananya? Lobang idung?”/eh dia jawab : “ke p*nt*t. Hehe..”(waktu dia jawab gak disensor loh).. –”

17. aduh, kacau..

18. biasanya kalo lagi kalut gini, ngomong sama si buntelan.. haaaah, aku kangen buntelaan !!! ><

19. semoga biaya produksinya bisa dipress sampe setengahnya. amiinn !!

Nah, yang urutan pertama itu berarti baru aja gue bikin. Belom ada komen.. Tapi gak akan gue apus, karena semua status yang nge-link ke nama temen gue emang gak pernah gue apus,. Hahaha.. 😀 baik kan gueee ???