acara matsuri – UNPAD

Hari Minggu, 24 Mei 2011, di kampus saya diadakan acara matsuri, yakni acara festival Jejepangan (ceunah kata orang Sundanya. Hehe :D). Acara gedenya anak HIMADE SASTRA JEPANG UNPAD yang diadakan setiap tahun sekali ini mengambil tema : SENGOKU JIDAI MATSURI.
Gimana acaranya? ASIK BANGET, itu satu hal yang bisa saya ucapkan. Acara ini memiliki 2 sesi, yakni sesi ENKA dari pagi sampai siang, jadi band yang tampil membawakan lagu-lagu lawas Jepang, dan dari siang sampai malam sesi pop kultur, band-band membawakan lagu โ€œmasa kiniโ€. Yaa, gimana enggak ASIK BANGET, wong saya ini penggemar berat lagu ENKA. Ada lagu TRUE LOVE dari FUJI FUMIYA juga, lagi yang dibawakan oleh senior saya dengan sangat so sweet . (aaaaa, fumiya saaaaaan >,<)

Dari matsuri

Di acara ini juga datang salah dua teman baru saya dari Jepang, hehe, namanya YUKA-SAN dan RYU-SAN. Mereka adalah orang Jepang yang berlibur ke Indonesia, kebetulan salah satu mantan murid tempat saya magang sebelumnya pernah 3 bulan ke Jepang dan berteman baik dengan mereka. YUKA-SAN baru pertama kali ke Indonesia, sedangkan RYU-SAN sudah 3 kali ini datang. Kalo aya udah pernah ke Jepang belum? Wohooo, jangan tanyaa, belum pernah sama sekali nih. Ada gak yaa donator yang mau mbayarin saya. Hihi. :p
RYU-SAN, YUKA-SAN dan teman-teman pengajar dari tempat saya mengajar juga ikut nyanyi looh, tapi karena mereka tampil pagi sedangkan saya datangnya agak siangan, gagal deh liat performance mereka. :nohope:
Di acara matsuri ini, gak cuma ada band-band yang membawakan lagu Jepang aja, tapi juga iro iro na tabemono ga atta alias banyak makanannya. Aaaaa, suka banget. Ada okonomiyaki, ice noodles yang dari konnyaku (jelly), ada onigiri, pokoknya, sehabis dari matsuri itu, perut saya langsung membuncit. ๐Ÿ˜Ž

Dari matsuri

NOODLE ICE

Dari matsuri

ONIGIRI

Sayang banget saya pulang cepat karena masih ada tugas yang harus dikerjakan. Padahal acara puncak dari matsuri ini adalah HANABI atau kembang api di malam harinya. ๐Ÿ˜ฆ
Tadi udah bahas band, makanan juga udah. Nah ini juga ada yang ditunggu-tunggu para otaku. Otaku itu adalah sebutan untuk manga atau anime lover. Apalagi acaranya kalau bukan COSPLAY ๐Ÿ˜€ Orang-orang berdatangan dari berbagai daerah (Bandung sih khususnya) dengan memakai kostum dari karakter manga atau anime dan menampilkan karakter anime atau manga itu, nah mereka dinamakan COSPLAYER. Misalnya karakter cewe yang sweet, maka mereka harus berdandan dan bertingkah laku seperti itu. Ada juga karakter yang beringas, dengan mata merah (pake softlens), bawa-bawa pedang segala, (dari kayu tentunya, jadi gak berbahaya kecuali buat mentung orang :p) dan pada saat mereka mempertunjukkan kebolehannya, mereka melakukan gerakan-gerakan yang khas dari karakter itu. COSPLAY ini dilombakan juga loh. Orang yang bisa memerankan tokoh atau karakter yang paling mirip dengan aslinya, dialah pemenangnya. CMIIW.
Selain COSPLAY, ada juga tarian SO-RAN BOUSHI (bener gak yah nulisnya?). Ini adalah tarian khas Jepang yang menceritakan semangat nelayan ketika menjaring ikan di laut. Gerakannya juga mirip seperti sekumpulan nelayan menarik jarring ikan di pesisir pantai disertai teriakan semangat. Yang nonton juga jadi ketularan semangatnya nih

Dari matsuri

SO-RAN BOUSHI

Dari matsuri

RYU-SAN, 2 adik angkatan dan YUKA-SAN

Dari matsuri

RYU-SAN, adik angkatan, saya dan BELLA

Dari matsuri

COSPLAY

Ada juga pertunjukan TAIKO, kalo di Indonesia sih mirip-mirip rebana gitu. Tapi pertunjukan yang satu ini juga mengundang semangat yang nontonnya, biarpun saat itu lagi terik, tapi banyak juga yang nonton ke tengah lapangan

Dari matsuri

TAIKO

Gitu deh acara matsuri SASTRA JEPANG UNPAD tahun ini, tiap tahun temanya emang berubah tergantung panitianya.
Tahun depan acaranya apa yah? Biarpun (mungkin) udah pada lulus, saya dan teman-teman sih janjian buat ikutan lagi tahun depan.
Oiya sebelumnya, saya persembahkan tulisan ini buat pacar saya yang request supaya saya menuliskan tentang acara matsuri. Deu, udah kaya radio aja pake request-request-an. ๐Ÿ˜€
Akhir kata, salam.

lagu penyemangat

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah membuat gambar ini. Iseng aja, bukan pakai coreldraw atau software grafis lainnya, tapi cuma pakai microsoft publisher. Hehe..

Inspirasi saya waktu itu dari salah satu lagu band indie terkenal di Indonesia yaitu Efek Rumah Kaca, judul lagunya Balerina. Lagu ini kalau didengarkan pagi-pagi setelah bangun dari tidur, niscaya akan membuat semangat terkumpul. Entah ya manjur gak buat orang lain, tapi kalau untuk saya pribadi sih iya banget. ๐Ÿ˜Ž

berikut kalau mau ngedonlod lagunya : didieu (no jebet)

liriknya :
hidup bagai balerina
gerak maju berirama
detaknya dimana mana seperti udara
hidup bagai balerina
menghimpun energi
mengambil posisi
mmenjejakkan kaki
meniti temali
merendah meninggi rasakan api
konsentrasi

biar tubuhmu berkelana
lalui kegelisahan
mencari keseimbangan mengisi ketiadaan
di kepala dan di dada

hidup trasa begitu lentur
raba tekstuur ciptakan gestur
berjingkat tidak teratur seperti melantur
hidup terasa begitu lentur

Ayo, kawan, memang langkah pertama yang harus ditempuh dalam menjalani hari khususnya adalah : Menghimpun Energi, dalam artian jangan malas!! ๐Ÿ˜€

Tantangan Supaya Aktif Nge-blog

Salah satu bentuk seru dari berpacaran, I guess.
Yeah, barusan saya dan pacar saya si Kebo item main tantang-tantangan ngeblog. Tujuannya, biar kita berdua bisa aktif ngeblog lagi.
Tapi seperti yang saya pernah posting beberapa saat yang lalu, saya memiliki keterbatasan dalam mengakses internet. Toh itu tidak menyurutkan niat saya untuk menerima tantangannya :nge-blog setiap minggu.
Daripada pacaran ngabisin uang atau pacaran ababil, mendingan pacaran sambil nge-blog ๐Ÿ™‚ bisa mengembangkan diri kita dan memperhalus tulisan kita. (ceilaah, ampelas kaliii bisa memperhalus :D)

By the way, sedikit puisi :

since the light comes after dark
since the smile comes after cries
that time I know

Life is Never Flat

ikan maya vs ikan nyata

Jadi ingat, kemarin ada salah satu teman saya yang bertanya : “Kenapa ganti alamat blog?”

Jawaban simpelnya sih : “Disuruh pacar”, secara pacar saya ahli di bidang dunia maya (tapi dia nyata kok :D)

Kenapa pula dia bertanya hal seperti itu? Dia menjawab :

“Blog yang lama enakeun, bisa ngasih makan ikan”

Hahahaha. Saya hanya bisa tertawa sembari mengingat, yah, hanya dengan klak-klik-klak-klik, semua orang yang berkunjung di blog saya bisa ngasih makan “ikan peliharaan” saya itu.

lama banget ga nge-blog

Alasan utamanya : Males.

Alasan kedua : gak terakses ke Internet.

Alasan ketiga, keempat, kelima : blablabla..

Yah, dengan kesibukan baru saya sebagai seorang pengajar di salah satu tempat les bahasa Jepang di kawasan Jatinangor, kesibukan kuliah dan skripsi hingga kesibukan berorganisasi (BEM), sudah sepantasnya saya beralasan. #halah *gak boleh gitu!! ๐Ÿ˜€ :p

Akhir-akhir ini saya lagi semangat banget cari kerja. Apa ini wajar yah, mengingat saya sudah di tingkat akhir perkuliahan (perasaan baru kemarin ospek deh :p), alias memang sudah seharusnya membidik target pekerjaan. Tapi ya, saya masih harus cari-cari info jabatan dan job descnya apaan, karena nama jabatan dan job desc di tempat kerja kan beda sama nama jabatan dan jobdesc di organisasi. Masa iya nanti saya masuk jadi : bendahara :p

Sebenernya sih saya gak mau kerja jadi pegawai,tapi gak ada salahnya saya coba dulu. Secara saya juga sudah punya bisnis sendiri (jualan pulsa), yah walaupun kecil-kecilan, seengganya saya sudah belajar manajemen kecil-kecilan itu. Iya kan.. Karena saya sedang merasakan jadi pengusaha, maka saya juga ingin merasakan sebagai pegawai (udah ding, kan sebagai pengajar), tapi jadi pengajar dan pegawai kan ada bedanya juga. Iya ga?

Doa kepada teman-teman yang baca : supaya saya lulus tahun ini dan diterima kerja sesuai apa yang saya incar ya ๐Ÿ˜€ amiin..

Iโ€™m Posting every week in 2011!

Iโ€™ve decided I want to blog more. Rather than just thinking about doing it, Iโ€™m starting right now. I will be posting on this blog once a day / once a week for all of 2011. I know it wonโ€™t be easy, but it might be fun, inspiring, awesome and wonderful. Therefore Iโ€™m promising to make use of The DailyPost, and the community of other bloggers with similiar goals, to help me along the way, including asking for help when I need it and encouraging others when I can. If you already read my blog, I hope youโ€™ll encourage me with comments and likes, and good will along the way.

Signed,

Helsa Permata