Resep Bolu Pisang

Hai hai, apa kabar semua?

Hari Jumat minggu lalu menu buah di kantin kantorku pisang, so aku minta 3 buah pisang untuk aku olah jadi bolu pisang di hari Sabtu. Dan hari Sabtu kemarin teman kantorku main ke kosan, jadi dia bantu abisin bolu pisang yang aku buat, hahaha. Karena aku anak kosan yang medit dan kreatif, jadi untuk mengocok adonan aku pakai garpu dan kukusnya aku pakai magiccom atau rice cooker. Yup, kamu gak salah baca. Magiccom yang buat bikin nasi itu looh~ tapi hasilnya enak, temenku aja suka. Soalnya kalau bilang gak enak aku usir dari kosan.

Oke langsung aja ini dia resepnya..

Bahan :

  • 3 buah pisang (gatau nama pisangnya apa, tapi dia warna kuning banyak bintik coklat dan manis, kalo tau pisang ini jenis apa komen yaa *fakir komen*)
  • 4-5 sendok makan gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 80 gr mentega (aku pakai Blue Band Butter)
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt SP (pakai cap koepoe-koepoe, hasil kompor temen kantor pas belanja bareng di supermarket deket kosan pas hari Jumat kemarin)
  • 5-6 sendok makan tepung terigu (gak mau banyak banyak takut bantet, aku pengen bikin bolu yang moist)

Cara :

  • Pisang dipenyet pakai garpu atau sendok, tidak halus juga tidak apa-apa.
  • Kocok telur dengan gula pasir sampai larut atau berbusa.
  • Lelehkan mentega, campur dengan kocokan telur tadi.
  • Masukkan pisang yang sudah dihancurkan, aduk rata.
  • Masukkan baking powder dan SP, aduk.
  • Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk sampai rata.
  • Nyalakan magiccom, tekan 1 kali supaya panas.
  • Setelah panas, masukkan adonan ke magiccom (tidak perlu diolesi mentega atau diberi alas).
  • Tekan rice cooker. Jika rice cooker berbunyi “klik” (tanda biasa nasi sudah matang), tekan lagi. Lakukan 3-4 kali.
  • Tes kematangan dengan menekan bolu menggunakan garpu.
  • Angkat bolu, sajikan dengan parutan keju atau selai coklat atau kacang, sesuai selera.

Pakai resep ini hasilnya sesuai dengan ekspektasi aku, tekstur bolu padat tapi tetap lembut dan rasa manisnya bukan manis gula tapi dari rasa manis pisang. Karena dimasak pakai magiccom, hasilnya mirip serabi raksasa, tapi it’s okay buat jadi cemilan nemenin nonton film.

See you again di post berikutnya ya.

Komeng-Komeng :

